Politics

Simak! Ini yang Perlu Diperhatikan Pemda Jelang Pemilu Serentak 2024


Simak! Ini yang Perlu Diperhatikan Pemda Jelang Pemilu Serentak 2024

Dirjen Politik & PUM Kemendagri Bahtiar. Foto: Puspen Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA – Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar menekankan perlunya sinergi dan tim terpadu di tingkat pemerintah daerah untuk menyiapkan Pemilu serentak dan Pilkada 2024.

Hal ini disampaikan Bahtiar dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Politik dan Pemerintah Umum untuk mempersiapkan Pemilu dan Pilkada 2024, secara virtual pada Selasa (1/3).

“Kami berharap betul pertemuan ini menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk memperkuat penyelenggaraan urusan pemerintahan umum sebagaimana dimaksud Pasal 25 dan Pasal 26 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014,” kata Bahtiar.

Pada kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kemendagri Sugeng Hariyono mengatakan dokumen perencanaan pembangunan perlu diperhatikan menjelang Pilkada serentak.

Dia memerinci dokumen yang perlu diperhatikan adalah Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2023-2026 dan Perencanaan Strategis (Renstra) perangkat daerah.

Selain itu, lanjut Sugeng, penyusunan roadmap mengenai persiapan pemilu serenyak juga perlu diperhatikan.

“Pemerintah daerah agar terus berperan aktif dalam memperhatikan acuan-acuan yang telah diterbitkan oleh pemerintah pusat terutama terkait dengan pelaksanaan pilkada serta melaporkan kondisi aktual di daerah,” tutur Sugeng. (mcr9/fat/jpnn)

Kemendagri mengungkapkan hal-hal yang perlu diperhatikan pemda sebelum Pemilu dan Pilkada serentak 2024.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.