Politics

Layanan Kesehatan Mobile Pakai Ambulans, PSC 119 Kota Magelang Siap Antar-Jemput Pasien


Suara.com – Pelayanan Keselamatan Terpadu (Public Safety Center/PSC) Pemerintah Kota Magelang di Provinsi Jawa Tengah menjadikan Unit Pelaksana Teknis 119 sebagai bagian dari upaya untuk mengoptimalkan penyelenggaraan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Dikutip dari kantor berita Antara, PSC 119 antara lain menyediakan Layanan Jemput Sakit Antar Sehat, Layanan Si Amor, dan layanan perawatan kesehatan di rumah.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Magelang, Nasrudin menjelaskan bahwa semula PSC 119 ditujukan untuk memberikan pelayanan gawat darurat medis, kemudian dikembangkan untuk menyediakan pelayanan lain seperti antar jemput pasien yang harus rutin memeriksakan kesehatan ke rumah sakit dan pengantaran pasien yang telah selesai menjalani perawatan di rumah sakit.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz (kiri) secara simbolis menyerahkan replika kunci ambulans kepada perwakilan petugas pada acara peresmian UPT PSC 19 di Magelang, Selasa (25/1/2022). (ANTARA/HO Bagian Prokompim Kota Magelang)
Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz (kiri) secara simbolis menyerahkan replika kunci ambulans kepada perwakilan petugas pada acara peresmian UPT PSC 19 di Magelang, Selasa (25/1/2022). (ANTARA/HO Bagian Prokompim Kota Magelang)

PSC 119 juga menyediakan Layanan Siaga Among Raga (Si Amor) untuk membantu warga lanjut usia yang harus menjalani pemeriksaan kesehatan rutin di rumah sakit, mulai dari menjemput, mendampingi selama pemeriksaan, sampai mengantar kembali ke rumah.

Baca Juga:
Kado untuk Anak-anak Divaksin, Polres Sukoharjo Ajak Keliling Kota Pakai Mobil Patroli

“Layanan ini diberikan secara cuma-cuma alias gratis untuk masyarakat yang berada di Kota Magelang,” jelas Nasrudin.

Unit Pelayanan Teknis PSC 119 didukung 25 personel yang terdiri atas dokter, perawat, petugas layanan telepon, dan pengemudi mobil. PSC 119 saat ini memiliki beberapa unit ambulans untuk mendukung kegiatan pelayanan.

“Alhamdulillah saat ini kami mendapatkan tambahan satu unit ambulans dengan standar gawat darurat, dua unit ambulans transpor yang digunakan untuk Layanan Jemput Sakit Antar Sehat dan Layanan Si Amor, serta satu unit mobil jenazah,” tambah Nasrudin.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mengatakan bahwa keberadaan PSC 119 menunjukkan perbaikan dalam penyelenggaraan pelayanan gawat darurat bagi masyarakat.

“Keberadaan UPT PSC 119 ini menandakan penanganan kegawatdaruratan di Kota Magelang lebih baik dan lebih paripurna. Layanan Jemput Sakit Antar Sehat juga menjadi lebih baik, kita bisa kerja sama dengan Polres Magelang Kota, swasta, dan instansi lain,” pungkasnya.

Baca Juga:
Lagi Disorot, Ini 5 Aturan Pengawalan Ambulans, Warga Sipil Bisa Kena Tilang





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.