Politics

Amerika Serikat Anggap Serius Ancaman Senjata Nuklir Putin



loading…

Menurut data Desember 2017 dari Federasi Ilmuwan Amerika, Rusia diperkirakan memiliki inventaris 6.800 hulu ledak nuklir, dengan 1.710 di antaranya ditempatkan secara strategis. Foto/REUTERS/Grigory Dukor

WASHINGTON – Washington mengecam peringatan baru-baru ini oleh Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai “tidak bertanggung jawab”.

Putin menegaskan Rusia siap menggunakan segala cara yang diperlukan untuk melindungi integritas teritorialnya.

Berbicara kepada ABC News pada Rabu (21/9/2022), juru bicara Gedung Putih John Kirby mengatakan, “Kami selalu harus menganggap serius retorika semacam ini.”

Baca juga: NATO Sesumbar Rusia Tak Bisa Menangkan Perang Nuklir

Dia mengutuk referensi Putin untuk penggunaan senjata nuklir, dengan menegaskan, “Itu adalah retorika yang tidak bertanggung jawab bagi kekuatan nuklir untuk berbicara seperti itu.”

Kirby mengatakan Washington sedang memantau situasi “sebaik yang kami bisa” tetapi mencatat belum ada indikasi Rusia telah mengubah postur strategisnya.

Menurut dia, AS saat ini melihat tidak perlu menyesuaikannya sendiri.

Baca juga: Perang Memanas, Rusia Tingkatkan Produksi Perangkat Keras Militer

Jika Rusia memutuskan untuk menyebarkan senjata nuklir, Kirby memperingatkan akan ada “konsekuensi parah” untuk Moskow.

Peringatan itu merujuk pada pernyataan sebelumnya oleh Presiden AS Joe Biden, di mana dia mendesak Rusia menghindari penggunaan nuklir, dengan mengatakan, “Itu akan mengubah wajah perang tidak seperti apa pun sejak Perang Dunia II.”



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.